Arti Gotong Royong Untuk Kehidupan Masa Kini

Edukasi 0 Comment 6

Pada kesempatan kali ini rumusrumus.com akan menjelaskan mengenai pentingya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Apabila anda belum begitu paham mengenai gotong royong, maka alangkah baiknya anda menyimak beberapa penjelasan ini. Agar anda bisa lebih paham mengenai gotong royong dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu menunggu lama, silahkan simak penjelasan ini sampai selesai.

Sebuah kegiatan yang dilakukan selalu bersama-sama yang memiliki sifat atas kesadaran sendiri atau suka rela. Kegiatan ini memiliki tujuan agar kegiatan bersama ini bisa berjalan dengan lancar, terasa lebih ringan dan lebih mudah.

Gotong royong sendiri merupakan kebiasaan yang dimiliki bangsa Indonesia sejak dulu kala. sebagaimana bunyi sila ke-3 yang menyebutkan “Persatuan Indonesia”. Sehingga gotong royong ini merupakan salah satu kepribadian yang melekat pada bangsa dan menjadi budaya yang sudah melekat pada kehidupan bangsa Indonesia.

Salah satu kegiatan gotong royong yang sering dilakukan oleh bangsa Indonesia ini yaitu melakukan kegiaatan pembangunan fasilitas umum, kerja bakti membersihkan fasilitas umum dan masih banyak lainnya. Pastinya setiap lapiasan masyarakat Indonesia ini memiliki kesadaran akan pentingnya gotong royong dalam hidup bermasyarakat.

Dengan demikian maka segala sesuatu akan terasa lebih mudah dikerjakan dan akan selesai lebih ringan dan cepat. Gotong royong ini memiliki tujuan demi terwujudnya kepentingan bersama. berikut ini nilai-nilai yang terkandung di dalam gotong royong:

  1. Persatuan

Sebuah kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong ini akan melahirkan persatuan yang semakit kuat antar masyarakat. Tentunya hal ini akan melahirkan rasa persatuan yang lebih kuat sehingga mampu memecahkan berbagai masalah yang muncul.

  1. Kebersamaan

Kegiatan gotong royong ini akan menumbuhkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini akan melatih masyarakat untuk lebih tanggap dalam menolong orang lain atai untuk mewujudkan membangun berbagai fasilias umum secara bersama-sama.

  1. Rela berkorban

Adanya gotong royong secara tidak langsung akan mengajarkan kepada bangsa ini untuk rela berkorban demi kepentingan bersama. Pengorbanan ini bisa berupa uang, tenaga, pemikiran dan waktu. Semua ini pastinya satu tujuan yaitu untuk kepentingan bersama. Sehingga mereka rela menyisihkan kebutuhan pribadinya demi kepentingan bersama.

Demikianlah penjelasan dari rumusrumus.com tentang pentingnya gotong royong bagi masyarakat Indonesia. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan lebih luas tentang pentingnya gotong royong.

Leave a comment

Search

Back to Top