Tips Menjaga Kesehatan Anak

Tips Menjaga Kesehatan Anak

Kesehatan 0 Comment 39

Masa usia 12 bulan adalah masa dimana anak sedang aktif-aktifknya. Anak mulai bereksplorasi dalam gerak. Pada masa ini pula perkembangan anak mulai nampak meningkat. Mulai dari tengkurap, merangkak, hingga bermain mengenal benda. Pada masa ini, anak mengenal benda sekitar sambil memasukan beragam benda ke dalam mulutnya karena rasa penasarannya terhadap benda tersebut. Nah Bunda, maka dari itu ini merupakan saat dimana bunda perlu meningkatkan pantauan terhadap benda yang ada disekitar sehingga si kecil tidak memasukkan benda tidak wajar ke dalam mulut. Benda-bendanya pun harus dijaga kebersihannya karena ada banyak bakteri yang masuk ke dalam tubuh si kecil. Untuk itu kesehatan anak perlu diperhatikan dengan sangat baik.

Benda yang masuk ke dalam mulut anak tentu membawa banyak kuman dan bakteri yang menempel di kulit permukaan benda tersebut. Ujungnya akan menimbulkan masalah kesehatan anak baik pada pencernaan maupun lainnya, walaupun anak padmta usia ini sedang aktif-aktifnya, namun juga kesehatannya bisa jadi menurun akibat aktifitasnya. Untuk menjaga kesehatan anak usia 12 bulan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai asupan makan si kecil :

  • Bayi sudah mampu mengkonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa. Namun makanan tersebut harus dihalukan terlebih dahulu agar aman saat ditelan dan dicerna.
  • Jangan lupa mencuci tangan, ketika hendak meberi makan si kecil.
  • Pastikan priduk makana yang untuk si kecil memenuhi standar kesehatan.
  • Untuk asupan energi, susu,dan madu sangat disarankan.
  • Jangan terlalu sering memberi makan berupa kaca-kacangan, telur, atau ikan.
  • Jangan pernah tinggalkan si kecil sendirian saat hendak melakukan suatu kegiatan, termasuk ketika makan.

Nah, selain asupan makan yang cukup untuk si kecil agar kebutuhan energinya terpenuhi, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit :

  1. Pastikan agar waktu tidur anak cukup. Buatlah jadwal kapan anak harus istirahat atau tidur. Jangan biarkan pula anak tidur melebihi pukul 8 hingga 9 jam.
  2. Atur pola makan anak. Biasakan anak untuk sarapan di pagi hari. Pastikan asupan untuk tubuh anak teratur dan sesuai kebutuhan perkembangannya, agar perkembangannya optimal.
  3. Luangkan waktu untuk si kecil. Hal ini selain untuk menjaga hubungan tetap dekat, juga untuk menghindari anak dari beban pikiran atau stress.

Leave a comment

Search

Back to Top