Tips Mendapatkan Motor Baru yang Paling Sesuai

Tips Mendapatkan Motor Baru yang Paling Sesuai

Review 0 Comment 19

Kendaraan bermotor menjadi salah satu jenis kendaraan pribadi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia untuk keperluan mobilitas. Kemudahan untuk mendapatkan motor baru pun turut andil bagian dalam meningkatnya peminat dan pemilik kendaraan jenis tersebut. Harga kendaraan roda dua yang lumayan mudah dijangkau juga menjadikannya sebagai kendaraan yang multi kalangan. Artinya siapa saja bisa memilikinya baik secara tunai maupun mengambil metode kredit untuk keringanan beban biaya.

Adakah Persiapan Khusus Membeli Motor?

Berbagai kemudahan yang ditawarkan sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin caranya membeli dengan penuh persiapan. Persiapan untuk membeli satu unit kendaraan bermotor ternyata ada sekian, beberapa diantaranya adalah:

  1. Sesuaikan type motor yang cocok dengan kebutuhan,

Semua orang memiliki kebutuhan berbeda mengenai kendaraan pribadinya, dan memilih motor yang tepat juga butuh persiapan. Meskipun dalam memilih motor tidak serumit memilih pasangan hidup tetap menyesuaikan beberapa hal.

Misalnya untuk kebutuhan bepergian pulang dan pergi ke kantor setiap hari kerja dan melewati jalanan super macet. Maka ada baiknya memilih sepeda motor jenis bebek yang gesit namun irit bahan bakar supaya tidak boros meski jalan lambat terjebak macet. Kemudian bagi yang digunakan untuk bepergian jauh bisa memilih motor jenis sport touring sebut saja seperti Tiger, Byson, dan sebagainya. Pemilihan type motor sesuai kebutuhan akan menjawab semua kriteria kendaraan pribadi yang ideal itu seperti apa.

  1. Merencanakan budget yang sesuai,

Setelah sibuk memilih type motor yang tepat dan sudah menemukan jawabannya maka langkah selanjutnya ialah mengatur keuangan. Pengaturan keuangan penting untuk mengetahui apakah sebaiknya membeli motor baru secara tunai atau kredit. Apabila dana mencukupi membeli tunai maka langkah selanjutnya adalah mencari dealer yang tengah mengadakan promo diskon. Sebaliknya, jika dana yang bisa disediakan masih kurang maka bisa membeli secara kredit dengan memilih leasing yang terpercaya dan beban bunganya ringan.

  1. Lakukan review dan juga langsung test ride,

Sebelum membeli sepeda motor maka ada baiknya mengumpulkan review yang cukup lengkap sesuai type yang diincar. Semakin banyak review yang diperoleh semakin mudah menentukan apakah motor dengan type tersebut sesuai harapan. Jika hasil review yang dilakukan cukup positif segera saja datang ke dealer kemudian lakukan test ride. Namun pilih dealer yang menyediakan kendaraan test ride sebab tidak semua dealer menyediakannya untuk dicoba konsumen.

  1. Paham cara menjaga motor tersebut,

Perawatan sangatlah penting untuk mempertahankan performa aslinya selama yang bisa dilakukan untuk kenyamanan berkendara. Namun, sebelum memilikinya tentukan type motor mana yang biaya perawatannya bisa dipenuhi sesuai kebutuhan motor tersebut. Pasalnya semakin canggih dan semakin banyak kelebihan yang diberikan oleh motor maka semakin banyak pula apa yang perlu diberikan oleh pemiliknya. Sebagai contoh adalah motor yang bisa melaju kencang dengan kapasitas 150cc maka konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibanding yang 125cc atau di bawahnya lagi, maka perlu dipertimbangkan.

  1. Memastikan sudah dalam kondisi yang baik,

Dealer yang resmi dan bertanggung jawab sebelum serah terima akan melakukan pemeriksaan dan juga pengecekan. Menjamin kendaraan baru yang diambil dalam kondisi yang bagus maka bisa dicek sendiri secara langsung. Setidaknya dari segi fisik tidak ada goresan, bagian yang terkelupas, dan masih dalam kondisi yang mengkilap dan bersih. Jangan lupa juga mencoba mengendarai motor baru tersebut untuk memastikan enak tidaknya saat melaju di jalan raya.

Leave a comment

Search

Back to Top