Tahapan-Tahapan Dalam Jual Beli Saham yang Penting Diketahui

Tahapan-Tahapan Dalam Jual Beli Saham yang Penting Diketahui

Lain Lain 0 Comment 6

Sebelum mengetahui tentang apa dan bagaimana proses dalam jual beli saham maka mengetahui terlebih dahulu tentang saham menjadi penting diketahui. Saham sendiri merupakan surat berharga keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan tertentu kepada kepemilikan perseorangan ataupun perusahaan tertentu. Sistem untuk bisa terjadinya proses jual beli tidak bisa langsung dilakukan dengan bebas, akan tetapi ada tahapan-tahapannya tersendiri.

Sebagai gambaran untuk proses jual beli saham, berikut ini akan dijelaskan berbagai tahapan yang biasanya dilakukan pada proses reksadana online jual beli saham.

  1. Menjadi nasabah di perusahaan efek. Sebelum melakukan jual beli terlebih dahulu anda harus menjadi nasabah pada perusahaan efek. Caranya yaitu dengan membuka rekening yang ada di salah satu pialang perusahaan efek. Setelah terdaftar maka proses jual beli sahampun sudah bisa dilakukan.
  2. Melakukan pemesanan dari nasabah. Untuk tahap ini sebagai investor bisa langsung ke kantor pialangan guna melakukan pemesanan. Pemesanan yang dilakukan bisa dengan bertemu langsung ataupun menggunakan sarana teknologi yang ada seperti telefon atau internet.
  3. Tahap melanjutkan pemesanan ke Floor Trader. Setelah pemesanan awal dilakukan maka selanjutnya yaitu meneruskan pemesanan tadi ke Floor Trader (lantai bursa). Penerusan ini biasanya dilakukan oleh petugas pialang khusus dari perusahaan.
  4. Pemasukan pemesanan ke JATS. Selanjutnya pemesanan yang telah dilakukan di Floor Trader maka akan dilakukan pengentrian kedalam sistem komputer JATS. Pada lantai bursa ini terdapat lebih dari 400 terminal JATS yang bisa digunakan sebagai sarana untuk mengentri pesanan yang masuk dari nasabah. Pada tahap ini setelah pesanan dilakukan maka berdasarkan perintah investor, floor trader bisa melakukan perubahan pesanan untuk perubahan harga dan yang lainnya.
  5. Transaksi (matched) dan penyelesaian transaksi (settlement). Setelah harga sesuai dan tercatat dalam JATS maka bisa dilakukan transaksi (matched) yaitu membeli atau menjual saham setelah harganya cocok. Lalu sebagai langkah terakhir yaitu tahap peyelesaian transaksi (settlement). Pada proses akhir ini transaksi bisa berlangsung sampai 3 hari sebelum mendapatkan hak-hak sebagai investor, sehingga investor bisa mendapatkan uang atau saham.

Leave a comment

Search

Back to Top