Pro dan Kontra Penggunaan Aplikasi HRD Berbasis Web untuk Proses Rekrutmen

Lain Lain 0 Comment 5

Pro dan Kontra Penggunaan Aplikasi HRD Berbasis Web untuk Proses Rekrutmen

Bagaimana cara perusahaan Anda mengumpulkan dan menyeleksi lamaran para calon kandidat? Apakah Anda meminta resume atau CV para pelamar kerja dikirimkan via  pos? Atau malah sudah lebih praktis, dengan menggunakan aplikasi HRD berbasis web untuk mengumpulkan data pelamar?

Apa pun metode Anda, yang pasti akan selalu ada pro dan kontra dalam penggunaan aplikasi HRD berbasis web untuk rekrutmen atau mengumpulkan data pelamar kerja. Berikut adalah beberapa pro dan kontra yang bisa Anda pertimbangkan:’

Kelebihan penggunaan aplikasi HRD berbasis web untuk sistem rekrutmen

Kebanyakan kandidat atau para pelamar kerja saat ini menggunakan aplikasi HRD berbasis web untuk mengirimkan surat lamaran. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Proses lebih mudah

Tim HR akan lebih mudah memproses dan mencari data karyawan maupun menyeleksi secara digital daripada surat lamaran berbasis kertas yang harus mencari lembar demi lembar secara manual.

2. Konsisten

Informasi yang ditampilkan dari masing – masing pelamar ada dalam format yang sama dan konsisten. Jadi, tim HR bisa lebih mudah meninjau dan membandingkan para pelamar berdasarkan kriteria yang diinginkan. Misalnya, berdasarkan pengalaman kerja, pendidikan, dll.

3. Menjamin kelengkapan data

Dalam aplikasi HR dapat diatur peringatan meminta pelamar wajib mengisi kolom – kolom tertentu.Sehingga fitur ini dapat mengurangi kesalahan manual atau meminimalisir surat lamaran kerja yang tidak lengkap.

4. Pengumpulan informasi

Mempermudah survey dan pengumpulan informasi yang membantu tim HR dalam memasang iklan selanjutnya. Misalnya, saat wawancara pelamar dapat ditanya dari mana mereka memperoleh informasi lowongan pekerjaan.

5. Membuka peluang lebih luas

Mengirimkan surat lamaran melalui aplikasi HRD berbasis web dapat membuka peluang untuk mengumpulkan lebih banyak pelamar. Karena pelamar tidak perlu repot mengirimkan via pos atau datang ke perusahaan langsung, sehingga dapat menghemat waktu dan uang bagi pemberi kerja maupun pelamar. Selain itu, jangkauan pelamar juga lebih luas. Pelamar kerja yang berasal dari luar kota hingga mancanegara, masih bisa berpeluang mengikuti proses rekrutmen secara online atau berbasis website.

Baca Juga : Apa Saja yang Dapat Di Handle Aplikasi HRD ?

Kekurangan

Dengan membatasi proses rekrutmen menggunakan aplikasi HRD berbasis web, perusahaan mungkin bisa secara tidak sengaja mengabaikan pelamar yang memenuhi syarat tapi tidak melamar pekerjaan via internet.

Tak hanya itu, terkadang pelamar yang mengalami kesulitan mengakses internet akan lebih memilih meninggalkan aplikasi HR dan perusahaan berpotensi kehilangan salah satu calon kandidat.

Untuk itu, kewajiban perusahaan atau pemberi kerja untuk menjaga keamanan data dan memilih software HR yang bisa diandalkan. LinovHR memberikan solusi alternatif untuk keamanan data karyawan dan proses rekrutmen berbasis website. Temukan calon kandidat potensial Anda bersama aplikasi HRD berbasis web, LinovHR.

Leave a comment

Search

Back to Top