Praktis Atasi Ruam Popok Bayi Tanpa Pergi Ke Dokter

Praktis Atasi Ruam Popok Bayi Tanpa Pergi Ke Dokter

Kesehatan 0 Comment 138

Ruam popok bayi sering sekali ditemui jika bayi sering menggunakan popok praktis siap pakai. Hal ini disebabkan kareana sirkulasi udara yang terhambat. Pemakaian popok instan yang kurang berkualitas juga bisa menjadi penyebab dari ruam pada bayi. Gejalanya ditandai dengan adanya bintik bintik dan tekstur yang kasar pada bagian pangkal paha dan bokong bayi. Hal ini mmebuat bayi menjadi tidak nyaman. Akibatnya bayi akan mudah menangis dan rewel. Bahkan membuat mereka sulit tidur. Gejala ruam ini umumnya timbul pada bayi berusia antara 9 hingga 12 bulan. Nah jika hal ini juga terjadi bayi anda, cara mengatasinya sangatlah mudah. Sehingga anda tidak perlu khawatir. Jika hal ini terjadi pada bayi anda segera lakukan langkah perawatan sedini mungkin.

Cara mengatasi ruam popok bayi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : pertama, jangan gosok bagian tubuh bayiyang ruam. Hal ini jika di gosok justru akan memnimbulkan oiritasi dan ruam yang semakin lebar. Oleh karena itu keringkan bagian tersebut dengan menggunakan handuk yang lembut. Kemudian tepuk tepuk saja secara lembut. Hal ini akan cukup menenangkan si bayi. Cara kedua, dengan menggunakan vaseline. Cara aplikasinya tinggal di oles pada bagian yang mengalami ruam. Aplikasikan setelah bayi dimandikan dan bersih. Vaseline terutama yang wonder jelly aman digunakan untuk bayi dan memiliki kandungan non comedogenic sehingga tidak menyumbat pori pori bayi yang sedang ruam. Cara yang ketiga, ruam pada bayi ini dapat diminimalisir dengan tidak menggunakan popk instan dalam beberapa waktu. Hal ini perlu dilakukan agar bagian selakang atau pangkal paha dan bokong tersebut kering dan sembuh ruam-ruamnya. Gantilah popok bayi instan dengan celana biasa. Misal dengan menggunakan celana pendek. Walaupaun mungkin akan sering memperhatikan mereka apakah buang air atau tidak. Namun cara ini juga efektif untuk mengatasi ruam ruam pada bayi.

Cara mengatasi ruam popok bayi selain itu anda juga bisa membiasakan untuk membaringkan bayi pada seprei bersih antara 30 menit hingga 1 jam, agar bagian pantan dan paha mereka mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Masalah seperti ini juga bisa disebabkan karena memilih popok instan yang salah. Anda dapat mengganti merk popok sebelumnya dengan yang baru. Namun untuk lebih aman ada baiknya jika anda menggunakan celana biasa atau menggunakan popok konvensional yang memiiki sirkulasi udara lebih baik. Gejala ruam pada bayi merupakan gangguan yang sering terjadi pada bayi. Jika bayi anda juga mengalami hal sedemikian rupa, jangan khawatir. Cara mengatasinya sangat mudah.seperti yang telah kami sampaikan diatas. Jika terjadi ruam pada bayi lakukan tindakan perawatan sedini mungkin agar gejala tersebut tidak semakin parah.

Leave a comment

Search

Back to Top