Perbedaan Pipa HDPE dengan Pipa PVC Biasa

Perbedaan Pipa HDPE dengan Pipa PVC Biasa

Uncategorized 0 Comment 49

Umumnya bagi masyarakat awan hanya mengetahui pipa biasa digunakan untuk saluran air khususnya untuk keperluan rumah tangga. Namun untuk penggunaan di dalam rumah, kontraktor masih lebih sering memilih jenis pipa PVC karena lebih umum dan banyak tersedia di toko material terdekat. Distributor pipa HDPE mampu menyuplai kebutuhan Pipa HDPE untuk keperluan perumahan atau industri. Berikut adalah uraian yang menunjukan perbedaan antara pipa PVC dengan Pipa HDPE.

Karakteristik dan kegunaan Pipa HDPE dibanding Pipa PVC

  1. Pipa HDPE
  2. Definisi Pipa HDPE : Pipa HDPE (high-density polyethylene) adalah pipa berbahan dasar polyethylene dengan kepadatan tinggi sehingga jenis pipa yang dihasilkan dapat memiliki daya tekan yang lebih tinggi, kuat dan tahan terhadap bahan kimia.
  3. Karakteristik : Pipa HDPE memiliki sifat lentur sehingga bisa digulung, karenanya mengurangi penggunaan fitting atau sambungan.
  4. Jenis Pipa HDPE : Pipa HDPE tidak berpotensi untuk mengkontaminasi air dan menjadi media tumbuhnya lumut.
  5. Kegunaan Pipa HDPE : Pipa HDPE bisa digunakan untuk pipa air panas dan air dingin, pipa HDPE tahan terhadap suhu panas sampai 100 derajat.
  6. Harga : Pipa HDPE lebih mahal dari pipa PVC
  7. Pipa PVC
  8. Definisi pipa PVC : Pipa PVC adalah pipa yang terbuat dari bahan materi vinyl yang menghasilkan pipa yang ringan, kuat dan tidak berkarat.
  9. Karakteristik pipa PVC : Pipa PVC kurang lentur / tidak flexible, sehingga memerlukan banyak fitting / sambungan
  10. Jenis pipa PVC : Pipa PVC tahan terhadap sinar UV, tetapi tidak kuat menahan lumut, kebalikannya Pipa PVC abu-abu bisa tahan terhadap lumut tetapi menyerap sinar UV, jadi apabila terkena sinar matahari langsung lama-lama bisa bengkok.
  11. Penggunaan Pipa PVC : Pipa PVC hanya cocok digunakan untuk air dingin.
  12. Harga : Harga pipa PVC lebih murah dari pipa HDPE.

Berdasarkan uraian tersebut, pilih jenis pipa sesuai kebutuhan, umumnya untuk kebutuhan rumah tangga gunakan pipa yang aman dan awet dan hubungi distributor pipa HDPE yang berpengalaman untuk melakukan pemesanan.

 

Leave a comment

Search

Back to Top