Perbandingan Toyota Fortuner dengan Toyota C-HR 2019

Lain Lain 0 Comment 12

Satu tahun yang lalu PT Toyota Astrea Motor meluncurkan crossover terbaru, yaitu Toyota C-HR dengan dua varian harga: Rp488.500.000 (satu warna) dan Rp490.000.000 (dua warna). Harga tersebut jelas membuat banyak orang terkejut pasalnya harga sebelumnya C-HR dikira-kira harganya akan berkompetisi dengan Hinda HR-V 1.8L dengan harga yang terpaut lebih besar Rp100.000.000 daripada Honda HR-V 1.8L. Malahan Toyota C-HR ini berisikan Toyota Fortuner, sebuah SUV Toyota dengan kapasitas tujuh penumpang yang sudah lama dipasarkan di Indonesia. Paling tidak ada dua tipe Toyota Fortuner yang memiliki harga lebih murah daripada Toyota C-HR.

Dua tipe tersebut adalah Toyota Fortuner 4×2 2.4 G A/T Diesel dengan harga Rp485.000.000 dan 4×2 2.4 G M/T Diesel dengan harga Rp467.300.000. Tipe paling dekat di atas harga Toyota C-HR ialah Toyota Fortuner tipe 4×2 2.4 VRZ A/T Diesel seharga Rp515.900.000. Pada dasarnya Toyota C-HR ini adalah mobil yang mengusung konsep terbaru, yaitu untuk pebisnis mudah yang tampai ingin enjoy ketika mengemudi sembari menikmati sensasi berkendara. Kapasitas antara Toyota C-HR dengan Fortuner pun berbeda. Toyota C-HR memiliki kapasitas 5 penumpang, sedangkan Fortuner tujuh penumpang.

Bisa dikatakan jika kehadiran Toyota H-CR menawarkan desain futuristik. Kehadiran Toyota H-CR pun dimaksudkan untuk ikut bersaing dengan Honda HR-V, Mitsubishi Outlander Sport, maupun Nissan Juke. Berkat tampilan yang lebih anak muda, tidak menutup kemungkinan Toyota H-CR ini bisa mengalahkan para rivalnya.

Membicarakan dua produk Toyota, Fortuner dan H-CR pasti sangatlah menarik. Sebagai leader frame SUV yang hadir sejak tahun 2004 lalu, secara bertahap Fortuner mengalami perkembangan. Melihat harga yang tidak berbeda jauh, apakah C-HR memiliki nilai tambah selain tampilan desain yang eksotis?

Dimulai dari eksterior, Toyota Fortuner mempunyai lebar 1855 mm, panjang 4795, tinggi 1835 mm, dan wheelbase 2745 mm. Melihat dimensi seperti itu membuat Fortuner bisa mengangkat tujuh penumpang sekaligus dimenasi lebih panjang 435 mm, serta lebih panjang 60 mm. Melihat dimensi tersebut, tentu Fortuner lebih lega daripada C-HR. Kemudian berlanjut ke mesin. Fortuner mengusung mesin unit diesel 2400 cc dengan enoat silinder turbo yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 149.6 ps dan torsi sebesar 400 Nm. Pada Toyota C-HR mesinnya hanya mengusung unit bensin 1800 cc empat silinder VVT-i yang menghasilkan tenaga sebesar 141 ps, sedangkan torsinya 170 Nm. Lagi-lagi, Toyota Fortuner mengungguli Toyota C-HR.

Berbicara tentang fitur kedua mobil ini, C-HR dinilai lebih bisa unggul daripada Toyota Fortuner Tipe G. Mulai unsur keselamatan hingga tujuh titik airbag. Lalu sistem pengereman disc brake untuk keempat roda serta Anti-lock Brake System (ABS), Brake Assist (BA), lalu Electronic Brake Distribution (EBD), serta Hill-start Assist Control, Vehicle Stability Control dan Traction Control System (VSC + TCS), dan Blind Spot Monitor System. Kesemua fitur tersebut dimiliki oleh Crossover terbaru C-HR ini.

Berbeda dengan Fortuner G yang hanya menyediakan sistem pengereman disc brake keempat roda dan ABS dan EBD. Soal airbag, Fortuner hanya menyediakan tiga titik, itupun hanbya terdapat di kabin bagian depan saja. Kesimpulannya, bagi Anda yang sering pergi ke luar kota dengan jumlah penumpang yang banyak, Fortuner G adalah pilihan tepat. Namun, kalau Anda memilih C-HR maka Anda bisa mendapatkan keuntungan, yaitu bisa selap-selip di jalanan yang lebih kecil berkat ukuran C-HR lebih kecil.

Itulah perbandingan antara Toyota Fortuner dengan Toyota H-CR. Semoga dengan membaca artikel ini Anda lebih mudah menentukan mobil mana yang seusai dengan kebutuhan Anda.

Leave a comment

Search

Back to Top