Pemeriksaan USG Oleh Dokter Ahli Tulang

Pemeriksaan USG Oleh Dokter Ahli Tulang

Kesehatan 0 Comment 75

Tulang adalah penopang tubuh kita agar tubuh kita bisa tegak berdiri. Ketika tulang anda bermasalah, maka anda akan mencari dokter tulang yang baik agar tulang anda tetap sehat. Tulang yang keropos atau menipis membuat anda menjadi lemah dan tidak aktif. Dokter ahli tulang atau yang lebih dikenal dengan dokter spesialis orthopedi. Saat ini tengah berkembang pesat rumah sakit khusus bedah tulang. Keberadaan rumah sakit khusus bedah tulang ini untuk menjawab kebutuhan serta kasus-kasus tertentu mengenai tulang baik itu osteoporosis dan osteoartritis. Jumlah kasus seperti ini sangat banyak, sehingga keberadaan rumah sakit khusus bedah tulang guna menjawab kebutuhan masyarakat. Kasus kecelakaan baik kecelakaan kerja maupun kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan patah tulang, membuat keberadaan rumah sakit orthopedi menjadi sangat penting.

Keluhan umum yang dihadapi oleh pasien dokter ahli tulang diantaranya adalah nyeri otot, nyeri tulang serta saraf terjpit adalah keluhan umum yang sering dikeluhkan pasien. Supaya penanganan lebih tepat sasaran, biasanya dokter akan melakukan berbagai analisa dan anamnesa untuk menentukan lokasi penyebab keluhan. Sekarang ini untuk melakukan diagnosa, masyarakat memiliki pilihan yang relatif lebih aman yaitu dengan metode ultrasonografi. Pemeriksaan ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan USG yang biasa dimanfaatkan untuk pemeriksaan kehamilan, kini juga bisa digunakan untuk pemeriksaan tulang. Pemeriksaan menggunakan USG dinilai lebih praktis dan murah. Pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter ahli tulang berguna untuk mendiagnosa penyakit pada tulang. Pemeriksaan USG untuk mendiagnosa kelainan pada persendian dan jaringan lunak lainnya. Penggunaan USG yang dilakukan untuk pemeriksaan tulang tergolong baru. Selama ini, USG untuk analisis perut dan penyakit dalam.

Pemeriksaan muskuloskeletal yang dilakukan dokter ahli tulang baru berkembang 20 tahun belakangan ini. Pemeriksaan USG untuk muskuloskeletal dipelopori oleh seoraang dokter specialis radiologi kemudian berkembang untuk pemeriksaan tulang. Pemeriksaan tulang menggunakan USG di Indonesia baru mulai digunakan 6 tahun lalu. Kelebihan USG dibandingkan rontgen, MRI dan CT Scan relatif lebih aman dan tidak menimbulkan efek radiasi seperti pada metode lainnya. Selain itu tidak perlu membuat luka sayatan pada pasien. Inilah kemajuan pemeriksaan tulang dan persendian yang relatif lebih aman dan tidak beresiko pada pasien. Pasien tidak perlu mempersiapkan secara khusus sebelum pemeriksaan seperti puasa. Inilah kepraktisan pemeriksaan USG untuk keluhan tulang dan persendian.

 

Leave a comment

Search

Back to Top