Pelajari Pesan Dari Cerita Legenda Malin Kundang

Pelajari Pesan Dari Cerita Legenda Malin Kundang

Lain Lain 0 Comment 52

Malin Kundang merupakan sebuah cerita yang telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Cerita legenda ini mengajarkan hal yang penting bagaimana perilaku yang baik untuk dilakukan seorang anak kepada orang tuanya. Untuk itu, mari simak kisahnya berikut ini. Pada zaman dahulu, hidup seorang pemuda bernama Malin Kundang. Ia tinggal bersama ibunya. Setiap hari mereka bekerja keras untuk mencari uang demi sesuap nasi. Malin merasa ia harus bertanggung jawab dan merubah nasibnya. Ia berniat untuk merantau dan mencari pekerjaan yang lebih layak sehingga mampu merubah keadaan hidupnya beserta ibunya. Hal ini pun ia sampaikan kepada ibunya demi kebaikan hidup mereka.

Ibu Malin yang sudah tua merestui anaknya yang hendak pergi merantau. Ia membekalinya dan berpesan untuk selalu ingat kepada ibunya dan juga kampung halaman. Ibunya berpesan pula kepada Malin untuk tidak terbuai dengan kesenangan dan tetap pada pendirian untuk menjadi sukses dan merubah nasibnya. Ia pun berangkat setelah meminta doa restu sang ibu. Setelah bertahun-tahun lamanya, terdengar sebuah kabar yang menyatakan kedatangan Malin ke kampung halamannya. Dia datang menjadi seorang saudagar yang kaya raya. Dia juga memiliki seorang istri yang cantik jelita. Dalam cerita legenda ini, Malin Kundang telah berhasil mencapai tujuannya menjadi orang kaya.

Ibunya yang mendengar kabar kedatangan anaknya langsung datang ke dermaga demi berjumpa si buah hati. Ketika bertemu, Malin tidak mau melihat ibunya sama sekali. Dia durhaka pada ibunya dan tidak mengakui perempuan tua itu adalah ibunya. Ibunya sedih dan sangat terluka hatinya. Ia berdoa pada Tuhan untuk menghukum anaknya yang telah durhaka padanya. Tiba-tiba angin bertiup kencang dan datanglah badai. Segala kekayaan yang ada di kapal pun hilang sekejap. Malin perlahan berubah menjadi batu dan dia sudah terlambat untuk meminta maaf kepada ibunya. Dari cerita legenda Malin Kundang, kita harus belajar menyayangi orang tua dalam kondisi apapun. Merekalah yang membesarkan kita sehingga kita harus menyayangi mereka pula.

 

Leave a comment

Search

Back to Top