Pahami Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Pahami Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Lain Lain 0 Comment 38

Penting bagi anda yang memiliki anak kecil untuk paham perkembangan psikologi anak uisia dini. Anak memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa dalam berperilaku. Dengan demikian dalam hal belajar anak juga memiliki karakteristik yang tidak sama pula dengan orang dewasa. Karakteristik cara belajar anak merupakan fenomena yang harus dipahami dan dijadikan acuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini. Self esteem sering kali dikaitkan dengan percaya diri walaupun pengertian ini tidak sempurna. Self-esteem yang sehat adalah tameng bagi anak untuk menghadapi tantangan dalam kehidupannya. Anak-anak yang merasa nyaman dengan dirinya terlihat lebih mudah menangani konflik dan tekanan yang negatif. Mereka lebih mudah tersenyum dan menikmati hidup. Anak-anak yang seperti ini umumnya realistis dan optimis. Sebaliknya, anak-anak dengan self esteem yang rendah menganggap tantangan sebagai sumber ketakutan dan frustrasi. Mereka yang menganggap dirinya buruk umumnya sulit untuk mendapatkan solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Jika dihadapkan pada tantangan baru, respon mereka adalah “saya tidak bisa”. Sebagai orangtua, anda memiliki peratn penting untuk membangun self esteem yang sehat bagi anak anda. Self esteem adalah gabungan dari kepercayaan atau perasaan yang kita miliki terhadap diri kita sendiri dengan kata lain persepsi kita terhadap diri kita sendiri. Bagaimana seseorang memandang dirinya mempengaruhi motivasi, sikap (attitude) dan tingkah laku (behaviour), serta mempengaruhi pengendalian emosinya.

Sangatlah tidak bisa dipisahkan mengenai perkembangan dan pertumbuhan anak saat lahir. Perkembangan motorik dan fisik anak sangatlah berhubungan dengan pertumbuhan psikis anak. Oleh karena itu perkembangan psikologi anak uisia dini berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Anak akan mengalami suatu periode yang dinamakan sebagai masa keemasan anak saat usia dini dimana saat itu anak akan sangat peka dan sensitif terhadap berbagai rangsangan dan pengaruh dari luar. Laju perkembangan dan pertumbuhan anak mempengaruhi masa keemasan dari masing-masing anak itu sendiri. Saat masa keemasan, anak akan mengalami tingkat perkembangan yang sangat drastis di mulai dari pekembangan berpikiri, perkembangan emosi, perkembangan motorik, perkembangan fisik dan perkembangan sosial. Lonjakan perkembangan ini terjadi saat anak berusia 0-8 tahun, dan lonjakan perkembangan ini tidak akan terjadi lagi di periode selanjutnya.

Saat perkembangan anak khususnya perkembangan psikologi anak usia dini, orang tua harus betul menjadikannya sebagai perhatian khusus, karena hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak di masa yang akan datang.

Leave a comment

Search

Back to Top