Pahami Kebutuhan Bayi Baru Lahir untuk Memenuhi Tumbuh Kembang Buah Hati

Kesehatan 0 Comment 19

Image result for Kebersihan dan Kebiasaan Buang Air Besar dari Bayi Baru Lahir

Bagi orangtua yang baru saja merasakan kehadiran sang buah hati, tumbuh kembang yang optimal sudah menjadi prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. Anda akan menyibukkkan diri untuk memahami kebutuhan bayi hingga ke kebutuhan yang paling sederhana seperti waktu tidur bayi, waktu untuk menyusui, bagaimana suhu yang paling tepat untuk dirasakan oleh bayi baru lahir hingga bagaimana memperlakukan kulitnya yang sensitive. Artikel berikut akan mengulas semua secara rinci.

Bayi baru lahir harus menyusu tiap 1-2 jam

Bayi memiliki ukuran lambung yang kecil sehingga Anda perlu memberinya susu dalam jumlah yang sedikit-sedikit namun sering. Biasanya ia akan menyusu 1-2 jam dalam beberapa hari pertama. Ketika bayi lapar, ia akan memberikan beberapa tanda seperti menangis dengan kuat, mengisap tangannya, atau mengecap-ngecap seperti mencari puting. Jika dokter Anda menyarankan untuk memeras ASI dan menaruhnya di botol bayi, usahakan selalu mencuci botol dengan mengunakan sabun cuci food grade.

 

Bayi baru lahir butuh kehangatan

Bayi belum dapat mengatur suhu tubuhnya dengan efektif seperti anak atau orang dewasa. Salah satu penyebabnya adalah karena lemak, yang dapat berfungsi menjaga agar tubuh tetap hangat, jumlahnya masih sedikit pada bayi.

Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar bayi tetap hangat yaitu dengan memakai pakaian, topi, dan membedong bayi. Periksa suhu tubuh bayi Anda. Usahakan agar ia tidak kedinginan atau kepanasan.

 

Bayi baru lahir punya kulit yang sensitif

Jaga kebersihan bayi Anda karena kulit bayi baru lahir sangat sensitif. Ada baiknya Anda menggunakan sabun mandi yang memiliki pH sesuai seperti link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/ingin-menggunakan-sabun-mandi-cair-untuk-bayi-perhatikan-lebih-dulu-kadar-ph-yang-dimilikinya. Salah satu masalah yang sering timbul pada bayi yaitu ruam popok. Usahakan popok bayi Anda tetap bersih dan kering. Gunakan air hangat dan kapas yang halus ketika membersihkan bokongnya lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

Membersihkan bayi dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol tidak disarankan, karena dapat memicu iritasi kulit. Selain itu, jangan memakaikan popok pada bayi terlalu kencang karena dapat membuat kulitnya menjadi lecet.

Leave a comment

Search

Back to Top