Menjaga Kesehatan Gigi: Cari Tahu Penyebab Gigi Rusak

Menjaga Kesehatan Gigi: Cari Tahu Penyebab Gigi Rusak

Kesehatan 0 Comment 35

Kesehatan gigi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita jaga. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa gigi merupakan aset yang sangat penting dalam seorang manusia. Bagaimana tidak, gigi memiliki fungsi yang sangat penting. Bisa dibayangkan jika kita tidak memiliki gigi, tentunya kita akan kesulitan untuk makan dan juga berbicara, bukan? Oleh karena itulah menjaga gigi merupakan hal yang sangat penting agar gigi selalu sehat dan baik-baik saja. Kebersihan di dalam rongga mulut dapat mencegah dari tumbuhnya bakteri. Salah satu hal yang dapat membuat atau memicu timbulnya masalah dalam gigi ialah bakteri. Tentunya kita tidak mau ada rumah bakteri di dalam mulut kita, bukan?

Selain bakteri, ada beberapa hal yang dapat menganggu kesehatan gigi di dalam mulut. Ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi kita antara lain yaitu menyikat gigi dengan terlalu keras merupakan hal yang tidak baik. Hal ini bukannya mencegah gigi rusak, malahan dapat membuat gigi menjadi rusak. Menyikat gigi yang terlalu keras dapat beresiko merusak enamel pada gigi. Jika enamel sudah rusak dapat memicu gigi menjadi berlubang. Mengunyah es batu merupakan salah satu kebiasaan yang tidak baik dan dapat mmebuat gigi menjadi berlubang. Benda keras seperti es batu, dapat membuat gigi retak dan berlubang. Selain itu, kebiasaan ini dapat membuat jaringan lunak pada gigi mengalami kerusakan. Selain itu, kebiasaan membuka kemasan makanan dengan gigi. Kebiasaan ini bukanlah hal yang tepat seperti kebiasaan lainnya. Kebiasaan ini dapat membuat gigi patah atau rusak.

Lalu, bagaimana sebaiknya kita merawat kesehatan gigi agar tidak cepat rusak? Yang pastinya dan paling utama ialah hilangkan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Jika kita sudah bisa menghilangkan kebiasaan tersebut, paling tidak kita sudah bisa terhindarkan dari gigi berlubang. Nah, selain itu untuk dapat menjaga gigi, kita juga harus rajin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Jangan terlalu sering untuk menggosok gigi. Yang paling penting ialah menggosok gigi setelah makan atau sebelum tidur malam.

Leave a comment

Search

Back to Top