Menikmati Wisata Lombok dengan Secangkir Kopi Lombok

Menikmati Wisata Lombok dengan Secangkir Kopi Lombok

Wisata 0 Comment 95

Selain wisata alamnya yang tersohor hingga ke mancanegara, Lombok juga terkenal dengan kopinya. Kopi lombok merupakan kopi hasil tanah Lombok yang ditanam sendiri oleh masyarakat disana. Dengan kekayaan alam yang melimpah membuat tanaman kopi tumbuh subur di Lombok. Sebagian besar masyarakat Lombok pun menjadi penggemar kopi dan kopi Lombok tetap menjadi favorit mereka. Kopi Lombok adalah kopi hitam yang biasa dinikmat tanpa gula dengan rasa pahit dan aroma yang khas. Menikmati wisata Lombok tentunya akan semakin lengkap dengan ditemani secangkir kopi Lombok.

Salah satu kopi Lombok yang terkenal dan menjadi bagian wisata Lombok adalah kopi hasil olahan masyarakat Desa Prabe. Desa Prabe adalah salah satu desa di Lombok Barat, tepatnya di kecamatan Narmada. Kopi Prabe sudah ada sejak lama dan menjadi minuman khas masyarakat saat Prabe masih menjadi sebuah kerajaan. Awal mulanya kopi Prabe diolah dari kopi yang tumbuh liar di hutan sekitar Lombok. Seiring dengan perkembangan jaman, kopi Lombok sekarang sudah mulai dibudidayakan, tepatnya yaitu mulai tahun 70an. Jenis kopi yang banyak ditanam oleh masyarakat Lombok adalah kopi Robusta dan sebagian kecilnya adalah kopi Arabica.

Kopi Lombok ditaman sendiri dan diolah oleh Suku Sasak, yang merupakan suku asli Lombok. Walaupun jaman sudah modern, namun proses pembuatan kopi Lombok masih dengan cara tradisional. Biji kopi yang digunakan juga biji kopi pilihan dan berkualitas dengan kematangan yang pas sehingga menghasilkan cita rasa yang sempurna. Di Lombok, sekarang sudah banyak terdapat kedai kopi pinggir jalan yang menjual Kopi Lombok. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati wisata Lombok dengan kopinya yang nikmat. Kopi adalah minuman yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Lombok. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa seseorang belum dikatakan pergi ke Lombok jika belum menikmati kopi Lombok. Selain diminum di tempat, sekarang kopi Lombok juga banyak dikemas dan dijual untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas sari Lombok. Jadi ketika kita rindu dengan suasana Lombok atau dengan kopi lomboknya, kita bisa menyeduh kopi Lombok sendiri di rumah.

Leave a comment

Search

Back to Top