Mengenal Beberapa Jenis Sistem Hidroponik Untuk Bercocok Tanam

Mengenal Beberapa Jenis Sistem Hidroponik Untuk Bercocok Tanam

Lain Lain 0 Comment 144

Sistem hidroponik mungkin sebuah istilah yang sudah banyak dikenal terutama bagi para petani. Sistem ini merupakan sistem pertanian dan bercocok tanam yang cukup efektif dan efisien. Menanam tanaman dengan sistem ini banyak digunakan disetiap-setiap rumah yang ingin memanfaatkan lahan yang ada atau hanya sekedar untuk memiliki kebun sendiri. Tapi belakangan sistem ini juga banyak digunakan oleh para petani untuk budidaya tanaman yang akan dikomersialkan. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam dengan sistem ini. Selain itu, sistem bercocok tanam yang satu ini juga memiliki banyak jenisnya yang bisa dicoba untuk dipraktekkan dirumah.

Bagi yang ingin mencoba untuk menerapkan sistem bercocok tanam dengan cara hidroponik ini, ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis-jenis sistem ini dan seperti apa cara kerjanya sehingga nantinya bisa menentukan sistem seperti apa yang lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Drip system hidroponik, yaitu sistem yang menggunakan pemulihan dan tanpa pemulihan
  2. Sistem Ebb –flow, yaitu sistem yang menerapkan cara kerja membanjiri dan menguras
  3. System wick, yaitu dengan menggunakan sistem sumbu
  4. System NFT atau sistem nutrient film technique
  5. System water cuture atau yang sering disebut dengan sistem kutur air dengan memanfaatkan gelembung-gelembung udara untuk memercikan nutrisi
  6. System aeroponics

Jika sudah mengetahui apa saja jenis yang bisa digunakan maka giliran menentukan mana yang paling mudah untuk digunakan. Sistem yang disebut paling mudah adalah system water culture atau kultur air yang bahkan sistemnya bisa dibuat sendiri dirumah dengan mudah. Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidro ini dan sekaligus bisa dimanfaatkan untuk bidang usaha seperti misalnya tanaman-tanaman berdaun hijau, buah-buahan, tanaman slada, tanaman cabai, tanaman bawang-bawangan, sawi, slada dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan sistem bercocok tanam hidroponik ini, lahan kecil yang berada di sekitar rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai macam tanaman yang bermanfaat dan menguntungkan.

Leave a comment

Search

Back to Top