Memasak Jajanan Anak-Anak yang Sehat

Memasak Jajanan Anak-Anak yang Sehat

Lain Lain 0 Comment 59

Sifat anak yang menyukai jajanan terkadang menjadi kekhawatiran sendiri bagi orang tua, karena tidak semua jajanan anak-anak tergolong sehat. Ada yang menggunakan pemanis buatan, maupun pewarna yang bukan pewarna untuk makanan. Dalam jangka pajang, makanan ini dapat membahayakan kesehatan anak, dan juga dapat mempengaruhi kecerdasan anak di kemudian hari. Beberapa peneitian telah membuktikan bahwa pengawet pada jajanan yang tidak sehat akan menghambat pertumbuhan kecerdasan pada anak.

Ada beberapa ciri makanan yang tidak sehat yang perlu diperhatikan pada jajanan anak-anak, di anaranya adalah warna yang mencolok. Terkadang, warna yang mencolok perlu diperhatikan agi karena dicurigai mengandung zat pewarna kimia. Padahal, zat pewarna kimia tidak disarankan untuk makanan, apalagi makanan untuk anak-anak. Namun, anak-anak biasanya justru menyukai makanan dengan warna yang mencolok karena lebih menarik mata. Peran orang tua begitu penting dalam hal ini untuk selalu mendampingi anak dalam memenuhi kebutuhan konsumsinya. Selain warna yang mencolok, cita rasa yang begitu tajam juga dapat menjadi hal yang patut diicurigai dalam makanan anak. Ada beberapa zat aditif yang membuat makanan memiliki rasa yang kuat, dan rasa yang ditimbulkan juga bukan rasa yng alami. Bila terus-terusan dikonsumsi, zat aditif ini bisa membuat metabolisme anak terganggu. Selain itu, penyajian makanan juga peru diperhatikan untuk menjamin kualitas dan kebersihan makanan yang dikonsumsi anak. Untuk mengantisipasi beberapa hal di atas, maka solusi alternatif paling tepat adalah dengan memasak sendiri jajanan untuk anak di rumah. Dengan memasak sendiri, maka kita bisa memilih sendiri bahan-bahan dasar untuk jajanan.

Kini, sudah banyak resep jajanan anak-anak yang bisa ditemukan di internet maupun majalah resep. Orang tua tidak perlu khawatir anak tidak akan menyukai jajanan yang dimasak di rumah, karena ada beberapa cara khusus yang bisa dilakukan agar anak tetap senang memakan jajanan masakan sendiri. Cara yang pertama adalah membuat tampilan jajanan semenarik mungkin, sehingga melibatkan kreatifitas dalam memasaknya. Anak-anak biasanya menyukai makanan yang berpenampilan menarik, sehingga hal ini bisa dilakukan untuk membuat anak suka dengan jajanan buatan sendiri. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan bahan makanan yang disukai anak. Biasanya, anak memiliki bahan makanan kesukaan tertentu seperti sosis maupun cokelat. Bahan ini bisa dilibatkan agar anak semakin menyukai masakan itu. Cara ketiga adalah dengan mengajak anak untuk memasak jajanan bersama. Hal ini akan membuat anak bangga dengan hasil masakannya dan pasti akan menyukai jajanan ni. Dengan begitu, hubungan orang tua dengan anak pun juga dapat dipererat dengan memasak bersama. Jika ketiga cara tersebut dilakukan, maka anak tidak akan menolak jajanan yang dimasak sediri di rumah.

Leave a comment

Search

Back to Top