Manfaat Buah Manggis untuk Obat Kanker

Kesehatan 0 Comment 7

Buah manggis, buah dengan warna kulit ungu kehitaman dan warna buah putih ini terbukti memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk obat kanker, karene kandungan xanthone di dalamnya. Kandungan xanthone tersebut paling banyak ada dibagian kulitnya. Xanthone sendiri ternyata terbukti dapat menjadi obat kanker karena tinggi anti oksidan yang mana anti oksidan tersebut berfungsi sebagai anti kanker, anti tumer, leukimia, anti bakteri, anti jamur dan juga mampu menghancurkan sel-sel kanker.

Beberapa ahli menyatakan bahwa senyawa xanthone hanya ada pada buah dan kulit manggis. Maka dari itu, buah ini memiliki khasiat untuk mengobati kanker. Buah ini juga memiliki banyak kandungan bermanfaat lainnya seperti katekin, polifenol,  mineral dan kaya kandungan vitamin.

Manggis memang memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibanding dengan buah lainnya. Pada sebuah penelitian di laboraturium ORAC (Oxigen Radical Absorbance Capacity), menunjukan bahwa setiap 100 gram buah manggis memiliki kemampuan menyerap radikal bebas 20 hingga 30 kali lipat lebih tinggi dari pada 100 gram buah dan sayuran lainnya. Hal ini membuktikan bahwa buah manggis sebagai obat diabetes gula dan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti, mencegah kanker, tumor, diabetes, dan penyakit lainnya. Senyawa xanthone yang terdapat pada buah manggis terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  1. Alpha-Mangotin
  2. Beta-Mangotin
  3. Mangostanol
  4. 3-Isomangotin
  5. Garcinone A
  6. Garcinone B
  7. Garcinone C
  8. Garcinone D
  9. Garcinone E
  10. Gertanin
  11. Maclurin

Lalu apa yang menjadi faktor penyebab kanker. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab kanker.

1. Faktor Usia

Seemakin bertambah usia maka kondisi tubuh semakin melemah dan radikal bebas akan semakin bertumpuk. Itu kenapa orang dengan usia yang sudah rentan akan lebih mudah terkena kanker.

2. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan Buruk yang dimaksud adalah kebiasaan memakan makanan cepat saji atau junk food. Makanan tersebut pada dasarnya memiliki banyak kandungan berbahaya seperti lemak jenuh dan senyawa berbahaya lainya. Selain itu juga bisa karena kurangnya berolahraga dan sering mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia.

3. Ketidak seimbangan hormon

Kanker bisa juga terjadi karena ketidakseimbangan hormon, contohnya tingginya hormon estrogen.

4. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang tinggi polusi atau terlalu banyak pencemaran seperti didaerah atau kawasan pabrik yang udaranya tercemar bahan kimia.

Leave a comment

Search

Back to Top