Macam-macam Shalat Sunnah Umat Islam

Lain Lain 0 Comment 9

Semua umat Islam yang sudah baligh diwajibkan untuk menjalankan shalat lima waktu sesuai dengan perintah Allah. Bahkan tidak ada pengecualian bagi semua orang yang beriman untuk mengerjakan shalat lima waktu. Selain shalat wajib lima waktu, ada juga shalat-shalat sunnah yang bisa kita kerjakan sebagai penyempurna ibadah kita kepada Allah. Dilansir dari IslamExplored.org, kita sebagai umat Islam harus mengetahui berbagai macam shalat sunnah yang memiliki banyak sekali fadhilah. Mengerjakan shalat-shalat sunnah juga akan membantu kita untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terjadi selama mengerjakan shalat wajib.

Shalat Sunnah yang pertama adalah shalat wudhu yang dikerjakan tepat setelah kita wudhu dan sebelum mengerjakan shalat lainnya dan dikerjakan sebanyak 2 rakaat salam. Lalu selanjutnya ada shalat sunnah Tahiyatul Masjid yang merupakan shalat sunnah ketika masuk ke dalam masjid sebelum duduk. Shalat ini dikerjaan dengan tujuan menghormati Masjid sebagai rumah Allah. Shalat sunnah selanjutnya adalah shalat Dhuha yang terkenal karena fadhilah yang dimilikinya. Shalat Dhuha dikenal sebagai shalat untuk melancarkan rezeki dari Allah. Shalat ini biasa dikerjakan mulai dari jam 7 saat matahari sudah mulai memanas sampai mendekati waktu dhuhur. Lebih baik shalat Dhuha dikerjakan saat pertengahan pagi dan siang atau saat anak unta mulai kepanasan dengan rakaat minimal sebanyak 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Kemudian ada shalat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum dan sesudah shalat wajib lima waktu. Banyak yang menilai bahwa shalat sunnah rawatib memiliki keutamaan seperti halnya shalat wajib lima waktu. Shalat ini kita kerjakan sesuai dengan pembagian yaitu 2 rakaat sebelum shubuh, 4 rakaat sebelum dhuhur dan 2 rakaat sesudah dhuhur, 2 rakaat sebelum ashar, 2 rakaat sebelum dan sesudah magrib, 2 rakaat sebelum dan sesudah isya’.

Lalu shalat sunnah Tahajud yang dilakukan ketika malam hari setelah isya’ atau lebih afdhalnya saat sepertiga malam sekitar jam 12 sampai 1 dini hari. Shalat tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat salam dan berakhir saat mulai datang waktu subuh. Shalat Tahajud dikenal sebagai shalat sunnah paling utama karena saat sepertiga malam malaikat turun ke bumi untuk mendengarkan doa-doa umat Islam. (sumber : IslamExplored.org)

Leave a comment

Search

Back to Top