Lakukan 4 Tips Ini agar Tetap Aman Saat Menggunakan Load Bank

Lain Lain 0 Comment 5

 

Image result for load bankPenggunaan load bank atau generator set pada level industri sangat dibutuhkan. Kamu bisa memilih load bank Sewatama yang sudah teruji performa dan keamanan generator mereka. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar tetap aman saat menggunakan generator. Berikut ini ulasannya.

  1. Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Jika kamu ingin menggunakan listrik aman untuk industri, maka generator set yang kamu miliki harus dicek secara berkala. Pengecekan generator secara berkala meliputi kondisi oli, accu dan mesin generator. Pengecekan berkala juga dapat membuat masa pakai generator lebih lama.

Kamu bisa mencegah terjadinya korsleting atau gangguan lainnya jika melakukan pengecekan setiap satu hingga tiga bulan sekali. Beberapa kerusakan juga bisa dicegah jika melakukan perawatan mesin secara berkala.

  1. Letakkan Mesin di Tempat yang Tepat

Meletakkan mesin generator pada tempat yang kering dan terlindung dari air hujan maupun sinar matahari akan mencegah terjadinya kerusakan atau kecelakaan kerja. Meskipun kamu meletakkannya di luar ruangan, tetap pastikan tempat yang tersedia untuk generator aman dari sinar matahari langsung dan genangan air.

Jika kamu meletakkan di ruangan tertutup, pastikan juga sirkulasi udara di ruangan tersebut baik. Jika gas buang yang dihasilkan oleg generator dibuang degan baik, mesin generator yang digunakan tidak akan cepat panas. elain itu, sirkulasi udara yang baik dan mencegah pengguna dari keracunan gas karbon monoksida.

  1. Gunakan Kabel Ekstensi dalam Penggunaan Outdoor

Jika kamu menggunakan generator di ruang terbuka, ada baiknya menggunakan kabel ekstensi atau kabel perluasan agar lebih aman. Kabel ini akan memastikan pasokan listrik yang dialirkan dari generator tidak bocor ataupun mengalami korsleting.

  1. Jangan Pernah Mengisi Bahan Bakar Saat Mesin Menyala

Jika Anda merasa mesin generator yang digunakan kekurangan bahan bakar, jangan pernah langsung mengisinya saat mesin masih menyala. Bensin yang diisi saat mesin menyala bisa tersulut dan menyebabkan kebakaran. Ada baiknya memeriksa jumlah bahan bakar saat sebelum mesin dinyalakan dan mengisinya setelah mesin dimatikan.

Itulah beberapa tips menggunakan generator set atau load bank agar tetap aman. Tak harus membeli, kamu bisa menggunakan jasa penyewaan load bank Sewatama. Terdapat tim engineer handal yang siap memasang dan melakukan perawatan berkala selama pemakaian untuk memastikan solusi listrik untuk industrimu.

Leave a comment

Search

Back to Top