Lagu Indonesia Raya Sebagai Salah Satu Identitas Negara

Lagu Indonesia Raya Sebagai Salah Satu Identitas Negara

Lain Lain 0 Comment 162

Perangkat identitas sebuah negara biasanya meliputi beberapa hal misalnya bendera dan juga lagu kebangsaan. Hal ini bisa menjadi beberapa ikon yang memperkenalkan sebuah negara pada negara-negara lainnya. Indonesia juga memiliki lagu kebangsaan Lagu Indonesia Raya yang juga merupakan sebuah identitas tersendiri bagi negara Indonesia dan para rakyatnya. Lagu yang pertama kali diperdengarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 ini memiliki sejarah tersendiri sebelum menjadi sebuah lagu kebangsaan atau identitas negara Indonesia. Anda perlu tahu mengenai hal ini terutama untuk menambah pengetahuan dan rasa patriotisme dalam diri kepada negara Indonesia yang pernah mengalami perjuangan sengit melawan penjajah pada masanya dan hasil dari perjuangan tersebut bisa kita rasakan pada akhirnya hingga saat ini.

Sebagaimana sebuah lagu kebangsaan, lagu Indonesia Raya mencakup segala hal yang mencerminkan bangsa Indonesia. Lagu ini dicipataan oleh Wage Rudolf Supratman yang juga dibantu aransemen oleh seorang musisi yang berasal dari Belgia Belanda yaitu Jos Cleber. Lagu ini pertama kali diperdengarkan pada saat kongres pemuda kedua diadakan. Ketika para penjajah Belanda mendengar adanya lagu kebangsaan Indonesia tersebut, mereka langsung melarang adanya lagu yang diputar kembali dan disebut sebagai lagu kebangsaan terutama kebangsaan Indonesia. Namun, para pemuda yang berada pada zaman tersebut tidak pernah lelah berjuang dan tidak gentar untuk terus merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dan masih mempertahankan apa yang seharusnya mereka miliki.

Lagu ini pun membuat semangat tersendiri bagi para pemuda yang memperjuangkan kemerdekaan juga bagi seluruh warga yang mengetahui lagu tersebut agar segera terlepas dari segala penjajahan yang ada. Mereka sangat berantusias dan akhirnya presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno mengesahkan lagu tersebut menjadi sebuah lagu kebangsaan Indonesia yang akhirnya menjadi salah satu identitas Indonesia yang sangat penting dan berharga. Lagu Indonesia Raya menggambarkan bagaimana Indonesia menjadi sebuah negara makmur yang menjadi tempat perlindungan bagi seluruh rakyatnya. Itulah sedikit sejarah lagu kebangsaan yang kita miliki ini dan tetap pertahankan rasa patriotisme yang ada di dalam diri kita.

Leave a comment

Search

Back to Top