Kisah Dalam Wayang Kulit Indonesia

Kisah Dalam Wayang Kulit Indonesia

Lain Lain 0 Comment 39

Ada banyak budaya dari bangsa indonesia yang sudah terkenal di dunia, salah satunya adalah wayang kulit indonesia. Pada awalnya wayang ini berasal dari budaya jawa yang sebenarnya sudah sangat terkenal. Sejak jaman dulu orang menggunakan wayang kulit untuk berbagai keperluan, seperti pesta dan ritual tertentu. Kemudian karena sudah terkenal pada masyarakat jawa maka wayang ini juga akhirnya dikenal di seluruh indonesia, dan sekarang wayang kulit bukan hanya terkenal di indonesia saja tapi juga banyak dikenal di dunia.

Wayang kulit biasanya mengangkat kisah-kisah yang terjadi pada jaman dulu. Untuk wayang kulit indonesia sendiri seringnya mengangkat kisah-kisah tentang kitab ramayana dan mahabarata. Ini adalah kitab kisah hindu yang sebenarnya berasal dari kisah yang terjadi di india. Di dalam kisah tersebut akan menceritakan tentang dilema moral yang dihadapi oleh tokoh-tokoh yang ada dalam dunia wayang. Selain itu kisah ramayana dan mahabarata juga berisi tentang etika dan kondisi kehidupan yang lainnya seperti cinta bahkan perang. Seluruh kisah tersebut dikemas oleh seorang dalang wayang yang menyajikan dan menceritakan kisah itu selama semalam penuh. Dengan diiringi oleh musik jawa yang menarik dan ramai membuat pertunjukan ini menjadi semakin meriah saja.

Namun dari semua itu sebenarnya hal yang paling menarik dari kisah wayang kulit indonesia adalah nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita tersebut. Meskipun bentuknya cerita dan kadang diselingi dengan cerita humor tapi kisah-kisah yang ada dalam wayang penuh dengan nilai-nilai kebaikan. Para pengunjung akan diajarkan tentang cara untuk hidup yang bermoral dan memiliki etika yang baik terhadap sesama manusia dan juga alam ini. selain itu kisah wayang itu juga akan mengajarkan tentang nilai tanggung jawab yang harus dimiliki oleh setiap orang. Orang harus mempertanggung jawabkan tentang apa yang sudah dia lakukan. Jika nilai-nilai moral dan kebaikan yang lain yang ada dalam kisah wayang ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka orang akan bisa mengerti tentang kehidupan ini. karena hampir seluruh nilai-nilai cerita yang ada dalam kisah wayang ini ada dalam kehidupan kita, seperti nilai tanggung jawab, nilai moral, etika, dan lain sebagainya. jika ini bisa diterapkan secara baik maka pertunjukan wayang bukan hanya Cuma hiburan saja tapi pertunjukan wayang bisa menjadi nasehat yang baik untuk para pengunjungnya. Itulah sebabnya pertunjukan wayang ini sejak dulu banyak diadakan.

Leave a comment

Search

Back to Top