Kalian Memiliki Hipertensi? Makanan Ini Bisa Menurunkan Darah Tinggi Lho!

Gaya Hidup, Kesehatan 0 Comment 17

Penderita hipertensi pasti bosan mendengar beberapa anjuran dokter untuk tidak boleh makan ini dan itu, ya pokoknya makanan yang dapat memicu kenaikan tekanan darahlah. Tapi, sebenarnya ada juga lho makanan untuk menurunkan darah tinggi yang sebaiknya kalian konsumsi.

  1. Makanan penurun darah tinggi yang pertama: Pisang

Pasti kalian tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, buah yang kaya manfaatnya. Tahu kah kalian pisang merupakan makanan yang tinggi potasium lho, pisang dapat membantu mengatur tekanan darah karena tinggina potassium bisa meminimalkan dampak dari natrium. Menururt, American Heart Association bahwa satu buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 420 miligram potasium. jadi makan satu buah pisang ya, agar setidaknya dapat membantu tekanan darah lebih stabil.

2.Makanan penurun darah tinggi yang kedua: Yogurt rendah lemak

Nah makanan satu ini pasti diantara kalian ada yang suka. Ya bberap bukti juga mengakatakan bahwa yogurt bermanfaat menurunkan tekanan darah lho, tetapi ingat ya walaupun enak tapi kaliah harus memilih yogurt rendah lemak karena orang yang hipertensi harus menghindari lemak trans dan lemak jenuh.

  1. Makanan penurun darah tinggi yang ketiga: Ikan

Ya bagi kalian yang menderita darah tinggi harus menghindari daging merah dan disarankan untuk mengkonsumsi asupan protein yang bisa didapatkan dari ikan. Selain ikan mengandung lebih sedikit lemak jenuh, ikan juga memiliki kansungan omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dan salah satu ikan yang dipercaya dapat mencegah hipertensi adalah ikan tongkol, bukan ikan yang disebutin biar dapet sepeda itu ya. Hehehe.

  1. Makanan penurun darah tinggi yang keempat: Kacang-kacangan

Selain ikan, tahunkah kalian bahwa kacang juga mengandung lemak omega 3 yang sehat lho. Beberapa jenis kacang-kacangan tertentu juga dapat menurunkan kolesterol.

Nah bagi kalian yang suka ngemil, sebaikan ganti cemilan sore kalian dengan segenggam kacang untuk menjaga jantung tetap sehat

  1. Makanan penurun tekanan yang kelima: Sayuran hijau berdaun

Siapa yang disini tidak suka sayuran? Padahal beberapa sayuran berdaun seperti bayam atau kangkung dapat membantu kalian untuk mengurangi tekanan darah karena mereka mengandung magnesium. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi 300 mg mineral per hari selama satu bulan dapat meningkatkan kadar magnesium dalam darah dan mengurangi tekanan darah.

 

 

Leave a comment

Search

Back to Top