Inilah Beberapa Manfaat Menggunakan Trekking Pole untuk Para Pendaki

Lain Lain 0 Comment 5

Image result for trekking pole

Trekking pole merupakan tongkat yang digunakan untuk para pendaki. Biasanya tongkat ini dibawa untuk membantunya memudahkan dalam pendakian. Sehingga menjadi salah satu alat wajib yang harus dimiliki dan dibawa ketika melakukan kegiatan mendaki. Tongkat tersebut bisa didapatkan di banyak toko online dengan mudah dan juga di toko outdoor offline yang menyediakan berbagai peralatan untuk pendakian. Untuk memilih alat ini hanya perlu untuk memperhatikan bahannya agar tidak mudah rusak, panjangnya yang disesuaikan dengan tinggi tubuh, dan juga dapat memilih dari harganya. Sehingga dengan begitu akan mendapatkan tongkat yang terbaik untuk dimanfaatkan membantu ketika mendaki. Adapun manfaat yang dapat diberikan dari tongkat ini ketika melakukan pendakian adalah:

  1. Dapat membantu pergerakan tangan

Manfaat pertama dari tongkat pendakian adalah dapat untuk digunakan untuk memudahkan pergerakan tangan. Tidak hanya memudahkan pergerakan ketika melakukan pendakian tetapi juga dapat untuk digunakan oleh atlet olahraga. Seperti atlet sky yang akan dapat untuk memudahkannya melakukan pergerakan tangan maju dan ke atas. Pada umumnya tongkat ini akan membantu untuk berjalan lebih mudah di medan yang curam dan juga datar. Dan juga dapat untuk meningkatkan kecepatan dalam berjalan ketika menggunakan bantuan dari tongkat trekking tersebut.

  1. Mengurangi tekanan

Keuntungan selanjutnya dari menggunakan tongkat pendakian adalah dapat untuk mengurangi tekanan. Tongkat ini akan dapat mengurangi tekanan yang biasanya akan berpusat pada kaki dan juga daerah lutut dan pergelangan kaki. Terutama ketika melewati daerah dengan medan yang menurun dan curam maka membutuhkan tekanan kaki lebih kuat. Dan menggunakan tongkat tersebut akan sangat membantu mengontrol berat beban Anda. Karena tongkat tersebut juga dapat digunakan untuk membantu mengerem dan dapat menghindari adanya peluang untuk cidera ketika meluncur pada medan yang menurun dan curam.

  1. Membantu membersihkan track yang dilewati

Manfaat selanjutnya menggunakan trekking pole adalah dapat untuk membersihkan medan yang dilewati dari penghalang. Misalnya saja biasanya medan yang akan dilewati akan dipenuhi oleh semak belukar, sehingga akan dapat membantu untuk menyingkirkan semak tersebut dengan menggunakan tongkat pendakian ini. Selain itu misalnya juga beberapa benda yang akan menghalangi pendakian seperti batu-batu kecil, sampah, dan juga rintangan yang kecil dan mempunyai beban yang ringan dan bisa dibersihkan dengan tongkat tanpa harus menggunakan tangan Anda.

  1. Membantu untuk mempertahankan keseimbangan

Tips selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan dengan tongkat pendakian ini adalah dapat untuk mempertahankan keseimbangan. Alat ini dapat untuk membantu keseimbangan ketika melintasi medan-medan yang cukup sulit. Seperti misalnya akan dapat membantu keseimbangan ketika melewati medan sungai, jalan yang licin, dan juga melewati daerah rawa. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk bergerak dan mempunyai keseimbangan yang lebih baik agar tidak mudah jatuh. Menggunakan tongkat ini juga dapat untuk membantu pergerakan lebih cepat.

  1. Membantu untuk mengatur ritme

Dan manfaat terakhir yang dapat digunakan dari trekking pole adalah membantu untuk mengatur ritme. Tongkat ini dapat untuk membantu mempertahankan ritme dan juga irama langkah yang konsisten. Serta dapat untuk membantu untuk mempercepat langkahnya terutama pada medan yang landai. Dengan dapat mengatur ritme ketika melewati pendakian ini maka dapat juga untuk meningkatkan kecepatan terutama pada di medan yang curam. Sehingga pendakian akan lebih praktis dan menghemat waktu apabila menggunakan tongkat ini.

 

Leave a comment

Search

Back to Top