Categories
Edukasi

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Menyampaikan Pendapat

Berpendapat merupakan salah satu hak yang dapat dilakukan bagi semua orang, baik bagi pekerja atau masyarakat biasa. Mereka dapat melontarkan opini atau pendapat mereka di depan khalayak umum. Ini merupakan salah satu bentuk kemampuan belajar soft skill berkomunikasi dengan orang lain. Ketika kalian menyampaikan pendapat tentunya melibatkan orang lain dan hal ini bisa disebut melakukan komunikasi dengan orang lain. Namun, ketika menyampaikan pendapat kalian harus memperhatikan banyak hal. Terutama bagi kalian para pekerja yang di perusahaan, pastinya menyampaikan pendapat di banyak orang penting, seperti bos, karyawan lain, client, dan lain-lain. Maka, hal yang perlu kalian perhatikan ketika menyampaikan pendapat adalah sebagai berikut ini.

  1. Menyampaikan pendapat dengan sopan dan santun

Saat berpendapat, kalian harus sampaikan dengan kata-kata yang sopan dan santun sehingga terkesan tidak kasar yang dapat menyakiti lawan.

  • Memiliki argumen yang kuat dan jelas

Apa yang kalian lontarkan itu menjadi tanggungjawab kalian. Kalian harus memiliki data dan fakta yang dapat menunjang pendapat kalian.

  • Tidak memotong pembicaraan lawan bicara

Jika lawan bicara kalian ingin menyampaikan pendapat, jangan memotong pembicaraannya karena dianggap tidak sopan. Biarkan lawan bicara kalian menyampaikan pendapatnya hingga selesai dan jelas, kemudian tanggapi setelah kalian dipersilahkan untuk berbicara.

  • Mengetahui kapasitas dan batasan pengetahuan kalian

Sebelum kalian berpendapat, kalian harus mengetahui batasan dankapasitas pengetahuan yang didapatkan. Hal ini memperlihatkan tingkat pemahaman kalian mengenai hal yang disampaikan.

  • Tidak menyerang pribadi lawan bicara

Apabila kalian tidak setuju dengan pendapat lawan biacara, jangan menyerang pribadi karena dapat menimbulkan konflik yang membuat kepribadian kalian menjadi terlihat buruk.

Itulah kelima hal yang harus kalian perhatikan ketika ingin menyampaikan pendapat, terutama sebagai karyawan perusahaan. Dengan hal tersebut kalian juga dapat meningkatkan soft skill komunikasi yang baik dengan lawan bicara kalian. Berkomunikasi yang baik merupakan salah satu soft skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *