Daftar Peralatan Medis dan Fungsinya

Daftar Peralatan Medis dan Fungsinya

Kesehatan 0 Comment 30

Ada banyak sekali daftar trending peralatan medis yang ada di rumah sakit. Tentu saja semuanya memiliki fungsi masing-masing. Dengan demikian apabila Anda ingin menggunakan atau menjualnya harus mengenali satu persatu jenis alat medis yang dibutuhkan. Untuk itu apabila Anda ingin mengenal peralatan tersebut usahakan menggunakan beberapa jenis peralatannya yang ada di bawah ini.

 Adapun berbagai daftarnya antara lain:

  1. Stetoskop
    Stetoskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui detak jantung dan juga pernafasan. Selain itu alat ini juga berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi tekanan darah, paru-paru, gangguan perut dan masih banyak lainnya. Ada banyak keuntungan apabila Anda menggunakan jenis alat ini yaitu dokter akan dapat memeriksa bagian tubuh dapat berfungsi dengan sempurna. Untuk itu biasanya alat ini yang sering kali dibawa oleh dokter kemana pun berada.
  2. Endoskopi
    Jenis alat ini biasanya digunakan untuk mengetahui mengenai kesehatan organ pencernaan pada bagian atas dan juga bagian tenggorokan. Untuk itu kebanyakan alat ini memang digunakan dokter untuk dapat mendeteksi dengan lebih jelas. Dengan demikian usahakan ada baiknya untuk memaksimalkan kesehatan seluruh organ tubuh manusia. Biasanya dokter akan mengetahui dengan pengetahuan yang dimilikinya dan menggunakan alat ini sebagai bantu mendeteksi penyakit.
  3. Colonoscopy
    Daftar peralatan medis yang selanjutnya adalah colonoscopy. Jenis alat ini memang bisa digunakan sebagai pendeteksi saluran pencernaan bagian bawah. Tentu saja alat ini kebalikan dari alat yang ada pada poin kedua tadi. Sehingga beberapa bagian yang dimulai antara lain dari rectum, anus hingga bagian pencernaan usus yang ada di bagian bawah. Untuk itu Anda akan mengetahui mengenai hasil yang dirasakan menjadi lebih maksimal.
  4. Tensimeter
    Alat ini dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang. Sehingga akan mengetahui kondisi seseorang. Sedikit informasi untuk Anda bahwa tekanan darah tinggi dalam kondisi yang tidak terkontrol sangat membahayakan. Bahkan dapat beresiko terkena stroke hingga kematian dengan demikian alat ini sangat dibutuhkan. Jenis alat ini memiliki dua jenis yaitu air raksa yang tidak diperbolehkan kembali karena sangat berbahaya. Sedangkan alat kedua adalah menggunakan system digital yang sangat praktis dan aman.
  5. Thermometer
    Untuk mengukur suhu tubuh menggunakan thermometer. Dengan demikian biasanya tak hanya dokter namun di rumah pun sering memiliki alat tersebut. Biasanya jenis yang digunakan adalah digital. Alat jenis ini akan membantu mendeteksi dengan lebih cepat, aman dan akurat. Untuk itu siapapun dapat menyimpannya di rumah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pastikan bahwa alat ini dapat disimpan dalam kotak P3K.
  6. CT-scan
    Jenis alat ini digunakan sebagai foto pada bagian tubuh tertentu yang ingin diperiksa. Sehingga alat ini akan mendeteksi dengan lebih mudah untuk mengetahui mengenai kemungkinan adanya kerusakan atau pun sakit yang dialami. Dengan demikian penyebabnya akan menjadi mudah diketahui dan segera untuk disembuhkan. Hasil dari CT scan tersebut akan dapat diketahui mengenai hasil foto dalam berupa gambar.
  7. Alat cek darah
    Bagi seseorang yang mengalami sakit dan dokter membutuhkan sampel atau contoh darahnya. Dengan demikian akan dapat diketahui mengenai alat cek untuk dapat dengan mudah mendeteksi jenis penyakit yang dirasakan. Sehingga biasanya dalam pemeriksaan akan dapat diketahui apakah pasien mengalami penyakit darah tinggi, diabetes, asam urat atau pun jenis lainnya. Untuk itu pastikan bahwa Anda menggunakan alat ini sebagai daftar peralatan medis yang dibutuhkan.

Leave a comment

Search

Back to Top