Daftar Negara Termiskin di Dunia Terbaru 2016

Daftar Negara Termiskin di Dunia Terbaru 2016

Lain Lain 0 Comment 81

Membahas kemiskinan pastilah menjadi suatu keprihatinan bagi semua orang, apalagi di Indonesia sendiri juga banyak rakyatnya yang masih dalam kategori ‘miskin’. Indonesia sendiri bahkan pernah masuk ke dalam kategori 100 negara termiskin di dunia dengan urutan ke-68. Namun beruntungnya posisi itu tidak naik menjadi uruta teratas karena urutan-urutan Negara teratas masih teus disandang oleh Negara-negara dari benua Afrika. Menurut data yang diambil dan dibandingkan antara Negara satu dengan yang lainnya berdasarkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) diketahui bahwa urutan teratas untuk tahun 2016 ini didominasi oleh Negara-negara dari benua Afrika. Daftarnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Republik Afrika Tengah
  2. Republik Demokratik Kongo
  3. Malawi
  4. Liberia
  5. Burundi
  6. Niger
  7. Mozambik
  8. Eritera
  9. Guinea
  10. Madagaskar

Data dari daftar Negara termiskin di dunia diatas di urutkan oleh World Bank berdasarkan nilai PDB dari semua Negara di dunia. Republic Afrika tengah adalah Negara di Afrika yang pada tahun 2016 ini memiliki nilai PDB terendah yakni hanya $640. Negara dengan banyaknya penduduk adalah 4 juta jiwa ini menjadi Negara termiskin di tahun 2016 yang mana kemiskinan terjadi karena pemerintahan yang korup dan sistem pemerintahannya sendiri yang masih amburadul. Selain itu juga banyak kekerasan sektarian di Negara ini. Kenyataan itu menjadikan Negara ini miskin. Letaknya di pedalaman Afrika menjadikan Negara ini semakin terisolir.

Berbeda halnya dengan Republik Afrika tengah, Burundi yang menempati urutan ke 5 negara termiskin ini memiliki angka PDB $951. Pemicu utama pada kemiskinan yang terjadi di Negara ini tak lain adalah pembagunan yang masih disepelekan. Selain itu masalah klasik lain yang memicu adalah korupsi dan juga politik yang tidak stabil. Tak jauh berbeda, Madagaskar juga menempati urutan kesepuluh dikarenakan Negara ini banyak korupsi. Memang permaslahan utama di Afrika tak jauh dari politik yang menyebabkan negaranya menjadi Negara termiskin di dunia. Perlu adanya perbaikan dalam sistem pemerintahan agar ngara di Afrika bisa lebih berkembang terutama dalam segi ekonomi.

Leave a comment

Search

Back to Top