Caram Membuat dan Desain Spanduk

Lain Lain 0 Comment 66

Pada pembahasan kali ini yang akan kita bahas ialah tentang desain spanduk dan pengertianya. Pada saat ini sudah sering kita dengar mengenai spanduk dan juga sudah tidak asing lagi jika mendengar sebuah kata spanduk. Akan tetapi apakah kita sudah mengetahui arti dari spanduk itu sendiri? Jika memang belum mengetahui dan ingin mengetahui tentang spanduk mari sama-sama untuk tetap menyimak dan juga membaca hingga artikel ini selasai agar bisa memahami dengan baik penjelasan yang diterangkan pada artikel kali ini. Mungkin dikalangan umum yang kita ketahui tentang spanduk ialah sebagai alat promosi, namun untuk dapat mengetahui secara jelas mari kita mulai saja pembahasannya. Dimana pembahasan kita kali ini akan menjelaskan pengertian dan juga fungsi dari spanduk itu sendiri. Oleh karena itu langsung saja penjelasannya akan diberikan berikut ini. Spanduk merupakan sebuah kain rentang yang berisi propaganda, slogan atau juga berita yang juga perlu diketahui oleh umum. Dan juga pengertian lain dari spanduk adalah kain yang dibentang dan biasanya juga berada di tepi jalan yang berisi sebuah tulisan, berwarna dan juga bergambar. Dengan kata lain spanduk merupakan sebuah media informasi, dan pada umunya juga dibuat dengan menggunakan sebuah cat, sablon (screen printing) ataupun dengan menggunakan cat mesin.

Spanduk yang ada pada jaman seperti sekarang merupakan media promosi yang cukup trend saat ini, dikarenakan harga dari spanduk yang cukup murah meriah dan juga proses dari pengerjaannya yang terbilang cepat. Dimana pada saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang bergerak pada bidang periklanan dan juga memiliki mesin digital print untuk proses desain spanduk. Spanduk begitu dibutuhkan karena memang dapat menjadi media promosi paling efektif agar dapat memperkenalkan dan juga untuk membuat masyarakat umum disekitarnya mengetahui sebuah perusahaan dan juga sebuah produk. Dengan menggunakan media spanduk anda bisa untuk menampilkan sebuah gambaran dan sekaligus sebuah informasi yang dapat menunjang minat dari calon pembeli maupun calon konsumen. Selain dari penjelasan yang sudah diberikan tentang pengertian spanduk, kesempatan ini kita akan melanjutkan pembahasan yang akan menjelaskan fungsi dari sebuah spanduk dan desain spanduk. Untuk itu mari kita lanjutkan kembali pembahasannya yang akan menjelaskan fungsi dari spanduk sebagai berikut ini.

  1. Desain spanduk
    Desain spanduk yang memikat tentu akan menarik perhatian orang untuk melihatnya. Awalnya dari melihat desain spanduk maka orang lantas akan membaca apa isi atau informasi yang ada di dalam spanduk tersebut
  2. Ukuran spanduk
    Besar kecilnya ukuran spanduk hendaknya disesuaikan dengan space atau tempat dimana spanduk akan di tempatkan sehingga tidak akan terjadi hal seperti spanduk terlalu kecil atau spanduk terlalu besar
  3. Tulisan spanduk terlalu kecil
    Ini menjadi kendala ketika spanduk akan diletakkan di luar ruang yang memiliki lalu-lintas cepat karena para audience/pembaca tidak akan sempat membaca informasi yang ada di dalam spanduk secara detail. Jadi besar kecilnya ukuran teks sebaiknya disesuaikan dengan tujuan di manakah spanduknya nantinya ini akan ditempatkan. Berbeda jika spanduk nantinya akan ditempatkan di dalam ruangan dimana pembaca akan dapat membaca keseluruhan isi spanduk tanpa khawatir akan bergegas pergi.
  4. Desain spanduk terlalu padat
    Meskipun ukuran spanduk terbilang besar sebagai media informasi, banyaknya informasi yang akan disampaikan hendaknya diringkas agar kalimat-kalimat tersebut tidak memenuhi spanduk yang nantinya akan melelahkan mata pembaca. Jikapun ada hal yang lebih mendetail yang akan disampaikan maka anda dapat mencantumkan dalam spanduk tersebut alamat website atau blog anda karena di website atau blog tersebut anda dapat memberikan keterangan yang lebih mendetail.
  5. Jenis huruf spanduk
    Pemilihan huruf untuk spanduk hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Idealnya gunakan huruf yang jelas (tidak menggunakan huruf latin yang berukir – namun ini kembali kepada kebutuhan) agar informasi yang akan disampaikan cepat di terima oleh pembaca. (Perlu diperhatikan usahakan pilihlah atau gunakan huruf yang sifatnya gratis untuk keperluan personal atau komersial. Anda dapat mengunduhnya di internet dengan menggunakan kata kunci “free font for commercial use”)
  6. Foto untuk spanduk
    Jika memang anda ingin menggunakan foto di dalam spanduk maka pilihlah foto yang beresolusi tinggi atau HD sehingga nantinya tidak pecah atau blur hasilnya ketika spanduk dicetak. Besarnya resolusi foto ditentukan kembali oleh ukuran spanduk yang akan digunakan. Lebih besar resolusi fotonya maka lebih baik.

Leave a comment

Search

Back to Top