Cara Cuci Tangan 7 Langkah

Cara Cuci Tangan 7 Langkah

Gaya Hidup 0 Comment 19

Mejaga kesehatan sangat wajib dilakukan agar tubuh kita dijauhkan dari segala penyakit yang bisa saja menyerang tubuh kita, karena banyak sekali penyakit yang bisa ditularkan lewat segala aktifitas kita sehari hari, salah satunya adalah melalui tangan yang kotor. Mencuci tangan memang diharuskan, apalagi dengan sabun karena sabun dapat membantu menghilangkan dan membunuh kuman penyakit dan melepaskan kotoram yang ada akibat aktifitas kita seperti membuang bersin, sampah, batuk, ingus hingga membuang air kecil dan besar. Tanpa kita sadari tangan yang kita pakai akan terjangkit kotoran yang mengakibatkan kita terserang berbagai penyakit. seperti yang telah kita ketahui, dan telah ditetapkan oleh WHO yaitu bidang kesehatan dunia PBB bahwa cara cuci tangan 7 langkah yang harus dilakukan secara benar dan baik.

Cuci tangan yang benar akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit seperti hepatitis A, merupakan sebuah penyakit yang menyerang hati. Biasanya kepatitis A menular lewat oral, dan orang yang jarang mencuci tangan akan membawa penyakit ini ke mulut, dan akan dibawa ke saluran pernafasan. Orang yang terserang penyakit ini maka akan mengalami gejala demam, kuning dan sakit perut dibagian kanan atas. Selanjutnya adalah penyakit ISPA atau bisa juga disebut dengan infeksi saluran pernafasan akut, biasanya batuk dan pilek akan menyerang orang penderita ini. untuk menghindari penyakit ini alangkah baiknya anda selalu cuci tangan 7 langkah setelah melakukan segala aktifitas yang berhubungan dengan kotoran dan tidak menyentuh muka, hidung serta mulut. Penyakit selanjutnya adalah diare, untuk mencegahnya yaitu dengan mencuci tangan hingga bersih mungkin.

Cara cuci tangan 7 langkah memang harus diterapkan agar penyakit bisa diatasi, berikut ini adalah langkah langkah yang harus dilakukan, pertama, basahi telapak tangan memakai air yang mengalir dan usap kedua tangan dengan lembut. Kedua, usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian dengan lemah lembut. Ketiga, gosok dengan lembut jari jari tangan, juga sela sela tangan. Keempat, bersihkan ujung jari hingga bersih secara bergantian. Kelima, gosok ibu jari dan jari lainnya secara bergantian. Keenam, letakkan semua ujung jari satu ke telapak tangan, kemudian lakukan cara yang sama ketangan yang satunya lagi. Dan ketujuh adalah bersihkan pergelangan tangan anda dengan cara berputar. Selain itu anda bisa gunakan sabun cair atau batangan, atau untuk hasil maksimal pakai sabun anti septic. Dan langkah terakhir adalah keringkan dengan handuk atau tisu.

Leave a comment

Search

Back to Top