Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Main Game Terlalu Tama

Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Main Game Terlalu Tama

Game 0 Comment 33

Siapasih yang tidak menyukai bermain game. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai jenis hiburan yang satu itu. Dengan semakin tingginya permintaan game, maka para developer pembuat game terus menciptakan berbagai macam game yang menarik untuk dimainkan baik game untuk komputer, konsol maupun smartphone.

Kesukaan kita terhadap game memang bisa memberikan manfaat yang bagus. Akan tetapi, jika bermain game sudah melewati ambang batas, maka dampak yang kurang baik bisa anda dapatkan. Nah pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai bahaya main game terlalu lama. Apa saja itu, yuk kita baca sama-sama.

  1. Ketergantungan atau Kecanduan

Bahaya pertama akibat main game terlalu lama adalah menimbulkan tergantungan atau kecanduan. Berdasarkan sebuah reset yang dilakukan di universitas iowa, setidaknya 4-10% orang yang gemar bermain game dalam jangka waktu melebihi waktu normal, menyebabkan ketergantungan. Ketika seseorang sudah mulai tergantungan dengan bermain game, maka dampak yang semakin bahaya akan sangat mungkin terjadi.

  1. Menyebabkan kejang-kejang

Bermain game merupakan hiburan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak terkecuali bagi para penderita penyakit epilepsi. Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh national institutes of health, dimana pada penelitian tersebut menyebutkan bahwa 27 dari 35 orang penderita penyakit epilepsi akan mengalami kejang-kejang saat bermain game terlalu lama.

  1. Gangguan mata

Bahaya main game terlalu lama selanjutnya adalah mengganggu kesehatan mata. Cahaya pada layar monitor baik komputer maupun smartphone yang anda gunakan untuk bermain game memiliki radiasi yang tidak bagus untuk mata terlebih lagi jika menatapnya dalam jangka waktu yang lama. Salah satu dampaknya adalah mata lelah, merasa sakit dan kram. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan mata rusak yang kemudian menyebabkan kebutaan.

  1. Menyebabkan obesitas / berat badan berlebih

Ketika seseorang sudah kecanduan game, maka dirinya akan sangat susah meninggalkan dunia game. Saat seseorang sudah susah meninggalkan dunia game dalam kesehariannya, maka kemungkinan besar mengalami obesitas semakin besar, mengingat aktifitasnya bermain game hanya berdiam diri saja tanpa bergerak sama sakali. Ditambah lagi dengan kesukaan mengkonsumsi makanan ringan untuk menemani bermain game.

  1. Terserang penyakit Nintendonitis

Dari namanya, penyakit ini mengingatkan kita pada konsol game ya. Penyakit nintendonitis memang sebuah penyakit yang pemberian namanya karena terinspirasi dari game konsol terkenal. Penyakit ini ditandai dengan terjadinya kram yang terlalu sering dibeberapa bagian tubuh seperti pergelangan, lengan dan sikut.

Itu hanya sebagian kecil dari bahaya main game terlalu lama yang bisa anda dapatkan. Masih banyak lagi bahaya yang lebih vatal. Oleh sebab itu, aturlah porsi main game anda supaya dampak bahaya tidak menghampiri. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Search

Back to Top